Senjata Ini Di Gunakan Indonesia Saat Melawan Belanda

Ketika pada masa perangmelawan penjajah Indonesia Hanyalah memiliki beberapa senjata yang sangat kalah jauh dari para Penjajah. Sungguh hal ini bisa menjadi sejarah tersendiri bagi Bangsa Indonesia yang barusaha mengalahkan Belanda demi merebut Kemerdekaan yang bisa kita rasakan sampai saat ini. Kala itu Penjajah menganggap bahwa negeri ini adalah Negri yang Bodoh makanya orang Belanda pun menyebut kita sebagai Indon yang artinya dalam bahasa Belanda adalah Bodoh.

Beberapa senjata parang saat dulu yakni

1. Bambu Runcing

Ya, yang pertama sekali ialah senjata meenggunakan Bambu Runcing. Bambu runcing merupakan lambang utama kita yang menjelaskan tentang keberanian serta pengorbanan kita sebagai warga negara untuk negara Indonesia.

Yang mana pada ujung bambu ini pun telah diolesi teletong sapi atau kerbau, tujuannya selain melukai prajurit lawan, juga supaya bisa menginfeksi pada luka musuh, sehingga pada akhirnya musuh tidak bisa ikut berperang kembali.

#2. Sten Gun (MK I – MK VI)

Sten Gun adalah sub-machine buatan asal adri Inggris yang mulai diproduksi pada tahun 1941, kala itu di senjata desain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold J. Turpin.

Untuk harganya sendiri, pada saat itu, 15 pucuk Sten Gun berbanding dengan satu pucuk 1 Lee Enfield.

Pejuang kita menggunakan SMG ini ketika berhasil merebutnya dari tentara Inggris. Sedikit untuk menambah informasi, ROF 500 peluru per menit, jarak efektifnya sampai 60 meter.

#3. LE (Lee Enfield)

Bagi para penggemar game ber-genre perang, LE atau SMLE (Short Magazine Lee Enfield) merupakan senjata yang tidak asing untuk dilihat.

Ya, pada game Medal of Honour di PC, tentu kita harus menggunakan senjata ini untuk melewati misi ke 4 dan seterusnya yang tergolong sulit.

LE meupakan bolt action rifle yang awalnya menganut pada sistem magasin.

Pertama sekali senjata ini di produksi oleh Inggris pada tahun 1895, dan digunakan pada masa 2 perang dunia, bahkan sempat digunakan saat konflik di Afghanistan.

Nama senapan LE berasal dari desainernya, ayng bernama James Paris LEE, RSAF Enfield.

Singkatnya, para pejuang kita merampasnya dari tentara Inggris dan Belanda, jarak efektifitasnya mencapai 503 meter.

4. Sumpit (Tulup)

Menurut rumor, ‘Sumpit’ atau bambu tiup pun dijadikan sebagai salah satu senjata andalan ‘anak dalam’ kita yang sedang menjaga lokasinya pada masing2 tempat.

Sebuah bambu berbentuk pipa ini, akan di isi oleh sumpit atau kayu yang selanjutnya akan dihaluskan dengan diameter (lingaran) hanya sebesar lidi. Ukuran ‘pipa’ tersebut bisa saja berukuran 15 Cm atau lebih besar dari pada itu.

Pada ujung lidi tersebut, sudah pasti akan ditajamkan kembali sehingga mudah menembus kulit dari tubuh yang akan dijadikan target.

Pada ujungnya yang tamjam senjata ini pun di rancang dengan sudah dilumuri oleh racun sehingga prajurit musuh akan mati secara perlahan, dimulai dari kejang2 hingga pada akhirnya akan tewas beberapa jam kemudian.

#5. Arisaka

Arisaka merupakan bolt action rifle yang di buat oleh negara Jepang. Arisaka sendiri terbagi menjadi 5 type yaitu type 30, 38, 44, 97 dan 99.

Para pejuang Indonesia pada kala itu sering atau banyak yang menggunakan varian type 44.

Arisaka di buat pertama kali saat tahun 1898, dirampas dari Jepang oleh warga negara Indonesia. Jarak efektinya yaitu 400 meter.

#6. Owen

Senjata yang selanjutnya dalah Penampilan senapan Owen memang tidak jauh berbeda dengan Thompson-nya Amerika.

Ya, Owen merupakan salah satu SMB buatan Australia, dibuat berdasarkan tren SMG Sten Gun dari Inggris; dan Thompson yang berasal dari Amerika. Owen di rancang oleh veteran tentara Australia, Evelyn Owen.

Para pejuang kita berhasil mendapatkannya saat merampasnya dari tentara Inggris. ROF senjata ini 700 peluru per menit.

#7. M1 Garand

M1 Garand adalah bolt action rifle sekutu yang paling terkenal di muka bumi pada saat perang dunia ke 2.

Senjata ini dapat dikatakan paling laris dalam sejarah. asal usulnyadan sejarahnya, M1 Garand dibuat oleh Amerika Serikat, pertama kali dibuat pada tahun 1936.

Bagi Anda para pecinta game yang ber-genre perang, tentu tidak asing dengan senjata ini setelah anda memainkan Call of Duty (COD). Senjata ini di rancang oleh John C. Garand.

Jika dilihat lebih dekat lagi, tentu M1 Garand hampir mirip dengan Lee Enfield. Hmm, apa ini sebuah kebetulan kah?

#8. Bren

Bren bisa disebut sebagai sebuah senjata yang namanya digunakan untuk mewakili seluruh nama keluarga dari Sub-Machine Gun.

Ya, apapun senjata SMG yang digunakan, sebutannya pasti akan merujuk ke sebutan “Bren”. Mau menggunakan P90 atau pun Kriss Vector pun, tetap disebut Bren.

Menurut catatan sebuah sejarahnya, Bren adalah sebuah senjata modifikasi dari Ligh Machine Gun dari Cekoslovakia, ZB vz. 26.

senjata ini memang Sengaja dibuat tujuannya suapaya dapat menyaingi senjata andalan sekutu, MG42 buatan Jerman yang sangat terkenal kala itu dan hampir digunakan secara luas di hampir seluruh dunia.

Nambu Type 97 dapat di sebut bapaknya Bren karena bentuknya yang nyaris mirip dan juga lebih mematikan serta multiguna.

Ya, Nambu Type 97merupakan senjata multi fungsi, bukan hanya digunakan oleh infantry, melainkan sering juga dipasangkan pada tank maupun di pesawat sebagai mengingat kekuatannya yang mengerikan.

#10. Ilmu Gaib

Salah satu contohnya adalah pedalaman suku Kalimantan dikala itu. Sangat jarang ada penjajah dari asing yang berhasil bisa masuk ke dalam suku pedalaman tersebut, kalau pun bisa masuk sudah pasti diterjang oleh senjata tradisional milik suku adat pedalaman.